Terus Bertumbuh dan Menjadi Berkat, Refleksi HUT ke-23 GKJ Depok

0
GKJ Depok
Ketua Majelis memotong tumpeng sebagai tanda ucapan syukur 23 tahun GKJ Depok

Depok – Minggu (2/5/2021) Gereja Kristen Jawa (GKJ) Depok merayakan HUT yang ke-23. Ibadah ini dilayani Pdt. Francisca Natalia Handayani dan digelar secara onsite serta online melalui kanal Youtube resmi GKJ Depok. Tentunya pelaksanaan ibadah seara onsite dilakukan dengan menerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam khotbahnya, Pdt. Fransisca mengungkapkan ada 5 poin utama yang membuat sebuah gereja secara organisasi dapat bertumbuh dan berkembang yaitu iklim; kepemimpinan; struktur; tugas dan tujuan; identitas.

Pertama mulai dari iklim. Pdt. Fransisca menjelaskan supaya bertumuh, sebuah komunitas atau organisasi harus memiliki iklim yang baik terlebih dulu. Kemudian dari iklim yang baik, akan muncul sosok pemimpin yang menggairahkan yaitu pemimpin yang memiliki semangat serta visi misi yang jelas. “Iklim yang baik artinya sebuah kondisi yang menyenangkan dan bisa menerima kehadiran serta pendapat dari orang lain,” katanya.

Baca juga:  HUT ke-90, GKJ Gelar Ragam Kegiatan Virtual Mulai Hari Ini

Pdt. Fransisca mengatakan dari pemimpin yang menggairahkan tersebut akan muncul sebuah struktur organisasi dengan tujuan dan tugas yang jelas serta terukur. Dikatakan memiliki tujuan dan tugas yang jelas bila setiap pengurus mampu memahami apa yang ingin dicapai seorang pemimpin.

Hal lain yang perlu dimiliki sebuah organisasi adalah corak atau identitas diri (ciri khas). Pdt. Fransisca pun sesekali bertanya kepada para jemaat maupun pelayanan yang hadir pagi itu tentang pandangannya terhadap GKJ Depok. “Ciri khas artinya memiliki sesuatu yang unik dan tidak dimiliki orang lain,” jelasnya.

Baca juga:  Ps. Jacqlien Celosse: Hati-hati Dalam Berbicara, Perkataan Mengandung Kuasa

Diakhir khotbahnya, Pdt. Fransisca mengingatkan bila kelima poin dapat dijalankan dengan baik maka GKJ Depok dipastikan akan senantiasa bertumbuh dan menjadi berkat bagi sesama. “23 tahun Tuhan menyatakan karya-Nya. Selisih paham sering terjadi, tapi nyatanya kecintaan kita terhadap gereja Tuhan tidak pernah memudar. Itulah tanda kita sudah menerima Kristus dan siap berakar, bertumbuh bersama Kristus,” pungkasnya.

Usai khotbah, ada pujian virtual dari jemaat GKJ Depok dan ada pemotongan tumpeng oleh Ketua Majelis yang didampingi Pdt. Fransisca serta perwakilan dari tim multimedia. Tidak lupa ada ucapan selamat dari beberapa jemaat maupun pengurus komisi yang ada di GKJ Depok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here