Umat Katolik Peringati 500 Tahun Pelayanan di Filipina dengan Menanam Pohon.

0
Ilutrasi : Suasana perayaan 500 tahun Umat Katolik di Filipina (Foto : dok. ucanews)

Jakarta – 500 tahun sudah usia umat Kristiani melayani Filipina. Pelayanan umat Kristiani di Filipina dimulai dengan mendaratnya Magellan dan rekan – rekannya di Filipina. Sebagai bentuk ungkapan syukur, pada 15 Maret lalu, umat Katolik, Filipina menggelar peringatan dengan menanam 500 pohon di Pulau Homonhon, di provinsi Samar.

“Melalui penanaman pohon ini kami mendorong dan mengingatkan umat Kristiani untuk bertanggung jawab dan menjadi pengurus yang baik atas ciptaan Tuhan. Sementara kita menanam untuk mengingat akar Katolik kita, kita juga menanam untuk mengingat bahwa kita adalah penatalayan ciptaan Tuhan, ”kata Pastor Christian Ofilan dari Keuskupan Borongan, Senin (15/03/2021) dari Pulau Homonhon, Filipina

Baca juga:  PGI Menghimbau Warga Gereja Terus Ikut Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19

Peringatan masuknya umat Kristiani di Filipina disemarakkan dengan penanaman pohon, Pastor Ofilan mengatakan, karena kurangnya pohon di pulau itu yang diakibatkan aktivitas penambangan.

Sebagaimana dilihat dari laman ucanews, salah satu peserta yang mengikuti acara penanaman pohon, Loren Arevalo mengatakan, melindungi lingkungan adalah bagian dari pesan Kristiani. “Kami telah menjalankan operasi penambangan di sini sejak tahun 1990-an. Sekarang saatnya mengembalikan apa yang layak untuk pulau tercinta kita – lingkungan yang lebih hijau, ”katanya.

Baca juga:  Kepedulian GKJW Terhadap Pekerja Migran

Keterlibatan umat Katolik dalam penanaman pohon demi keseimbangan alam di Pulau Homonhom, diucapkan banyak terima kasih oleh Loren Arevalo kepada Keuskupan Borongan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here