UNCEN Mencari Rektor Masa Bakti 2021 – 2025

0
Keempat Calon Rektor Uncen. (Foto : Ist)

Papua – Jabatan Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) , Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., M.T., akan berakhir 14 September 2021. Untuk itu  Senat Uncen telah membuka pendaftaran untuk Rektor baru masa periode 2021-2025.  

Sampai berita ini diturunkan, yang sudah mendaftar ada 4 Bakal Calon (Balon), diantarnya, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., M.T., Dr. Septinus Saa, S.Sos., M.Si., Dr. Janviter Manalu, M.Si., Dr. Ir. Johni J. Numberi, M.Eng.

“Bakal Calon Rektor yang sudah sah terdaftar ada 4 orang. Keempat orang itu sudah sah memenuhi aturan resmi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi,”kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Periode 2021-2025, Prof. Dr. H.R Partono, M.Pd.

Lanjut Prof. H.R Partono, untuk tahapan penyaringan, para calon akan diberikan kesempatan menyampaikan visi misi dan program kerja. “Pada tanggal 21 Juni 2021 calon rektor harus memaparkan visi, misi dan program kerjanya,”

Baca juga:  Melihat Janji Pdt. Dr. Frans Pantan untuk STT Bethel Indonesia

Kebutuhan Uncen pada retor yang akan terpilih nanti, menurut Prof. H.R Partono, dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini dosen memang menjadi program utama Uncen. Juga memberikan layanan kepada seluruh anak-anak di daerah-daerah. Makanya tahun ini dibuka beberapa program studi di Kab. Kep. Yapen dan Kab. Biak Numfor. “Pengembangan sarana dan prasarana juga menjadi perhatian kami. Hal yang juga mendesak dan sudah dilaksanakan adalah penertiban Rusunawa Uncen dan ‘bangunan-bangunan 2 liar’ di Kampus Uncen,”. 

Prof. H.R Partono menambahkan, setelah pemaparan visi, misi dan program kerja, diikuti dengan diskusi/tanya jawab, yang akan dihadiri (undangan), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wakil dosen 9 orang dari 9 fakultas, BEM dan MPM, Gubernur serta Tokoh Masyarakat.

Baca juga:  Banyak yang Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesia

Setelah pemaparan visi misi, info yang diberikan Prof. H.R. Partono, senat akan rapat tertutup dan akan memilih 3 dari 4 calon, yang rencananya diumumkan tanggal 22 Juni 2021.

Prof. H.R. Partono, menegaskan panitia pemilihan rektor Uncen masa bakti 2021-2025 bertindak secara profesional dan taat pada peraturan yang berlaku. “Semua calon rektor memiliki kewajiban dan hak yang sama untuk menjadi calon rektor UNCEN, tidak ada calon rektor yang istimewa,”tegasnya.

Calon rektor yang terpilih akan ditetapkan dan dilantik sebagai rektor Uncen periode 2021-2025, akan dilakukan berdasarkan waktu yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here