Wilton Gregory, Menjadi Kardinal berkulit Hitam Pertama bagi Amerika Serikat.

0
Ilustrasi : Uskup Wilton Gregory-sumber NBC

VATIKAN – Paus Fransiskus, di penghujung tahun 2020, tepatnya Sabtu (28/11/2020) mengangkat 13 kardinal baru. Diantaranya, satu kardinal asal dari Amerika Serikat yang berdarah Afrika, bernama Wilton Gregory.

Seperti diketahui, pada tahun 2020 ini, negara Paman Sam, “dihantui” masalah RAS. Berbagai media mencatat, akibat masalah RAS, maka kerusuhan tidak dapat terhindarkan.

Pada saat pengangkatan Kardinal Wilton Gregory. Sumber : EPA

Ditengah banyaknya masalah yang dilatarbelakangi oleh RAS itu, pimpinan tertinggi Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, mengambil Langkah berani, dengan mengangkat Kardinal asal Amerika berdarah Afrika.

Baca juga:  Kehidupan Bergereja Bergeser dalam Kebiasaan Baru

Pengangkatan ini sebenarnya sudah diputuskan sejak Oktober 2020 lalu. Tapi pelantikannya baru dilakukan November 2020.

Prosesi pentahbisan Kardinal dipimpin oleh Paus Fransiskus. (sumber : EPA)

Kardinal Wilton Gregory, menjadi kardinal pertama kulit hitam yang menjabat untuk negara Paman Sam tersebut. Pelantikan Wilton Gregory, dilakukan di Vatikan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Gregory saat ini sudah berusia 72 tahun. Sebelum diangkat menjadi Kardinal, ia menjabat sebagai Uskup Agung yang berdomisili di kota Washington DC.

Kardinal Wilton Gregory. Sumber : Newyork tribune

Seperti yang diberitakan oleh BBC, Wilton Gregory adalah imam yang ditahbiskan menjadi pastor sejak berusia 25 tahun. Sedangkan jabatan Wilton Gregory menjadi Uskup Agung Washington dimulai pada Mei 2019.

Baca juga:  Refleksi Akhir Tahun 2020 Jaringan Doa Nasional, Harapan Memasuki Tahun 2021 Ditengah Pandemi.

Di negara Paman Sam, Kardinal Gregory salah satu tokoh yang paling menonjol dalam upaya menghentikan pelecehan seksual yang sering terjadi di gereja. Pada tahun 2002 ia menjabat, sebagai presiden Konferensi Uskup AS, mendorong adanya hukuman lebih berat bagi pelaku kekerasan seksual. (Vifa 6).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here