Wisuda XIII dan Dies Natalis XXI STT REM : Kepemimpinan Yang Berkarakter Kristus

0
Exif_JPEG_420

JAKARTA – Berbicara kepemimpinan berarti berbicara tentang bagaimana seorang pemimpin mempunyai karakteristik pemimpin yang bisa mencapai goal atau tujuan yang diharapkan oleh organisasi. Pemimpin harus juga dapat menciptakan pengkaderan bagi penerusnya agar dapat mencapai suksesi untuk waktu selanjutnya. Tentunya pengkaderan harus dilakukan dengan terarah dan sistematis sehingga calon pemimpin masa depan bisa mencapai tujuannya. Lembaga pendidikan merupakan salah satu tempat pembentukan karakter dan pandangan dari setiap calon pemimpin.

Sekolah Tinggi Teologi Rahmat Emmanuel merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi, sudah banyak menciptakan para civitas akademika yang juga calon pemimpin rohani kedepannya.

Sebagai hasil dari program pendidikan dari STT Rahmat Emmanuel adalah menghasilkan para wisudawan dan wisudawati yang berkualitas dan berkompeten dan tentunya berkomitmen kepada Tuhan dan sesama. Walau diterpa badai pandemi yang harus dialami seluruh dunia, tidak membuat surut prosesi wisuda para civitas akademika. Acara Dies Natalis yang tadinya direncanakan 05 Desember 2021, acara diundur yang akhirnya dilakukan pada hari Sabtu (16/01/2021) di kampus STT Rahmat Emmanuel, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Acara Wisuda dan Dies Natalis dilaksanakan dengan menjalankan protokol Kesehatan yang ketat dengan menerapkan 4 M. Acara hanya dihadiri oleh para peserta wisuda, dan segenap civitas akademika serta para jajaran pimpinan STT Rahmat Emmanuel. Sedangkan para keluarga hanya bisa meilhat melalui aplikasi zoom.

Baca juga:  Semi Ojeleye,Atlit Basket NBA Yang Rajin Mewartakan Firman Tuhan Melalui Media Sosial Pribadi
Acara Wisuda tetap menerapkan protokol kesahatan dan 4 M.

Acara dibuka dengan prosesi masuknya civitas akademika dari STT Rahmat Emmanuel. Kemudian MC acara wisuda, kepala multimedia dan informasi STT REM Pdt. Steven Palit, M.Th., mengajak para peserta acara Wisuda dan Dies Natalis untuk mengikut hingga selesai acara. Kemudian dilanjutkan dengan ibadah pembukaan disertai pujian penyembahan.

Firman Tuhan disampaikan oleh Pdt. Ara Siahaan yang mengambil dari Roma 12:2. Pdt. Ara mengatakan bahwa tujuan hidup harus fokus dan jangan bergeser. “Pemimpin harus mempunyai karakter seperti Kristus,”ujar Pdt. Ara. Ia mengatakan bahwa karakter adalah hasil pembentukan dari suatu proses.

Setelah Firman Tuhan, acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah yang dilakukan secara daring oleh dosen Pasca Sarjana STT REM, Prof.W.B.P Simanjuntak, M.Ed., Ph.D. Dalam orasinya, ia mengatakan bahwa para wisudawan dan wisudawati harus ada kesiapan kerja dalam dunia nyata. Dengan perkembangan IT, menurutnya sistem kerja jadi lebih baik karena sudah dilakukan secara digital. Perubahan IPTEK tentunya harus ditanggapi dengan seksama oleh civitas akademika Kristen.

Setelah orasi ilmiah, dilanjutkan dengan prosesi pelaksanan wisuda. Sebelum prosesi, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan Wisuda oleh Waket I STT REM Dr. Mangiring Sinaga, M.Th., M.Pd.K. Pelantikan dipimpin oleh Ketua STT REM Dr. Yogi Dewanto, MBA., M.Th. Adapun jumlah Wisuda yang hadir sebanyak 20 wisudawan strata 1, 15 wisudawan strata 2. Sedangkan secara online atau daring melalui tempat masing-masing adalah 21 wisudawan. Prosesi wisuda online ditampilkan secara visual di layar multimedia. Acara dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Setelah prosesi wisuda, dibacakan janji wisuda yang diwakili oleh Sarjana S2 Renaldo Putrokoesoemo, M.Th yang diikuti oleh semua para wisudawan dan wisudawati baru. Tidak lupa Hymne STT REM dinyanyikan choir Mahasiswa STT REM melalui tayangan video virtual. Doa Pengutusan dipimpin oleh Ketua STT REM Dr. Yogi Dewanto, MBA., M.Th. Doa dibacakan oleh ketua yayasan STT REM Dr. Binsar Pangaribuan, M.M., M.Th. Kata sambutan dari para wisudawan sebagai ucapan syukur diwakili oleh Boby Rolanda Panelewen, M.Th.

Baca juga:  Ikatan Sarjana Katholik Indonesia, Fokus 2 Edisi 8: Antara Kearifan Lokal dan Sikap Inklusif
Ketua STT REM, Ketua Yayasan ACS Center dan jajaran pengajar mendoakan untuk para wisudawan dan wisudawati.

Setelah, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua STT REM, Dr. Yogi Dewanto, MBA, M.Th. Dr.Yogi mengatakan bahwa institusi STT REM dapat berdiri karena pertolongan Tuhan bahkan disaat pandemi seperti ini. Setelah itu sambutan dilanjutkan dari Ketua yayasan ACS Center Dr. Binsar Pangaribuan,M.M., M.Th. yang mengatakan hari wisuda kali ini istimewa. Para wisudawan diharapkan mempunyai tanggung jawab baru sebagai pewarta kabar baik dari Tuhan.

Para Civitas akademika STT REM.

Diakhir acara, sidang Senat Terbuka ditutup oleh Dr.Yogi Dewanto. Doa penutup dan doa berkat oleh Pdt. Dr. Agus Sutantri, M.Th. Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati STT REM. (Jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here